Tempat Hacking dan Cracking

Pemenang OS 2012 Sudah Dipegang Android?

Pemenang OS 2012 Sudah Dipegang Android?


Banyaknya pencapaian positif OS Android sejak awaltahun ini, mengindikasikan bahwa mereka akan menguasai 2012 sepenuhnya. Benarkah?

Studi terbaru mengungkap bahwa OS Android kini kuasai separuh dariponsel pintar di kawasan Asia Tenggara.Pangsa Android untuk penjualan perangkatponsel pintar selama kuartal pertama 2012 berada di 49%, naik 15% dari periode yang sama tahun lalu.
Hal ini diungkapkan firma GfK. Disebutkan juga pertumbuhan ponsel pintar untuk wilayah Asia Tenggara pada kuartal pertama 2012 cukup bagus, dengan 7,7 juta unit terjual.

Ponsel pintar dihitung sebesar 25,4% dari semua penjualan perangkatmobile, yang merupakan kenaikan 4,9%, dua kali lipatpencapaian tahun lalu."Dari semua negara di wilayah, Indonesia merupakan wilayah paling potensialdan memiliki penjualan tertinggi," ungkap GfK.

Sementar jumlah pengunduhan OS Android kini sudah mengalahkan iOS di beberapanegara Eropa, seperti Inggris, Jerman, Rusia, AS.Firma analitik Xyologic mengatakan, Android kini merupakan penguasamayoritas pengunduhan aplikasi di Inggris, Jerman dan Rusia, serta AS.
“Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa Androidkini mendominasi sembilan negara besar untuk kategori pengunduhan aplikasi,”ungkapnya.

Sebagai perbandingan, di Inggris iOS mendapat 90,9 juta aplikasi, sementaraAndroid memiliki 99,1 juta pengunduhan. Di Jerman, iOS 59,5 jutadan Android 64,9 juta. Sedangkan Rusia iOS 38,4 jutapengunduhan dan Android 41,9 juta pengunduhan.

Sementara untuk aplikasi paling favorit, Xyologic mengatakan bahwa Facebook masihmendominasi di Inggris dengan 1,2 juta pengunduhan.

Banyak hal yang membuat para pengamat lebih condong memihak Android. Pertama karena aplikasinya lebih solid dan tidak rentan.Crittercism, perusahaan pemonitor aplikasi mobile, melakukan studi danmenyatakan aplikasi iOS lebih sering crash ketimbang pesaingnya, yakni berbagai aplikasi Android.

Misalkan saja aplikasi iOS 5.0.1 yang kerap crash,ketimbang Android yang lebih stabil. Namun sering crash-nya seri iOStersebut bisa dimaklumi, karenaterbilang baru. Tapi faktor lain adalah, para pengembang iOS belum bisa membuat aplikasi yang betul-betul kompatibel dengan iOS.

Studi ini juga mengungkap bahwa iOS 4.3.3 menyebabkan10,66% aplikasi mobile menjadi crash.Disini,Android lebih unggul. Contohnya Android 4.0.1 yang menyebabkan 1.04%aplikasi crash, dibandingkan iOS 5.0.1 yang menyebabkan 28,64% crash aplikasi.

Kendati demikian, pihak iOS banyak melakukan studi maupun survei yangmenyatakan bahwa OS mereka lebih baik ketimbang lainnya. Tapi yang pasti,persaingan antar penyedia OS bakal menjadi lebih panas. [ast]



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Mubasir Alamsah, Published at 13:55 and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)