Tempat Hacking dan Cracking

Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop

Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop

Alhamdulillah… saya bisa posting artikel lagi, dan untuk kesempatan kali ini saya akan coba uraikan bagaimana merubah atau manipulasi photo biasa menjadi luar biasa dengan memberi Efek Sketsa pada photo menggunakan program pengolah gambar Adobe Photoshop. Efek Sketsa sering kita temui dalam dunia desain grafis, seperti kartu nama, undangan, dan masih banyak lagi jenis desain yang menggunakan efek sketsa pada objek gambarnya. Efek Sketsa jarang sekali digunakan untuk photo-photo pribadi kita yang sebenarnya membuat setiap photo koleksi kita menjadi berbeda dan terlihat unik. Tehnik dalam memberi Efek Sketsa ini sangat mudah sekali, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat Efek Sketsa adalah :
(1) Langkah pertama yaitu membuka program Adobe Photoshop CS3 (versi ga jadi syarat penting).
(2) Bukalah file gambar atau photo yang akan dibuat Sketsa dengan klik menu File > Open  atau tekan Ctrl+O pada keyboard.
(3) Masuk ke menu  Layer > New > Layer Form background atau Klik ganda pada Layer Background. Maka akan muncul kotak dialog  New Layer. Berilah nama Sketsa pada kolom Name, kemudian klik OK.
Layer sebelum diubah :
Layer setelah diubah :
(4) Pada Layer Sketsa, Tekan tombol Ctrl+J pada keyboard untuk menduplikasi layer tersebut. Maka akan muncul layer baru dengan nama Sketsa copy.
(5) Aktifkan Palette Swatches melalui menu  Windows > Swatches. Kemudian pada palette Swatches pilihlah warna Dark Blue. Maka pada kotak Fill Tool warna Foreground akan berubah.
(6) Layer Sketsa copy dalam keadaan terpilih. Kemudian masuk ke menu Filter > Sketch > Charcoal. Pada kotak dialog Charcoal berilah nilai Charcoal Thickness = 5, Detail = 5 dan Light/Dark balance = 50 kemudian klik OK.
(7) Sekarang photo Anda sudah terlihat berbeda dan unik. Selanjutnya pada Layer Sketsa copy, sekarang ubahlahBlending Mode menjadi Hard Light.
(8) Simpan hasil karya Anda dengan masuk ke menu File > Save As, lalu pada kolom  Format pilihlah JPEG agar dapat Anda cetak menjadi Photo. Kini Photo biasa Anda menjadi luar biasa dengan Efek Sketsa.
Hasilnya :
Selesai, semoga bermanfa’at…..! :)



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Mubasir Alamsah, Published at 21:43 and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)